Hanya karena bukan ukuran model, tidak berarti kamu tidak bisa mengenakan pakaian wanita dengan trend terbaru. Yang paling penting yang dapat kamu lakukan ketika berhubungan dengan ukuran tubuh Anda adalah dengan hanya menganalisis. Lihatlah tubuh kamu secara keseluruhan dan pada akhirnya menentukan bentuk apa kamu sebenarnya. Setelah kamu mengetahuinya, kamu dapat mulai berdandan sesuai bentuk kamu. Jangan memakai skinny jeans hanya karena sedang tren ! Karena mereka mungkin tidak tampak tepat di bentuk kamu. Jadi, berikut ini 4 berbagai bentuk tubuh kamu beserta tips pakaian wanita untuk kamu

Bentuk Apel

Badan berbentuk seperti buah apel memiliki bentuk badan yang cenderung bulat pendek dan sedikit lebih besar di bagian tengah. Untuk menghilangkan

fokus dari bagian tengah, pakailah Untuk menyiasati bentuk bagian tengah badan yang lebih besar, kenakan pakaian wanita atasan model empire dengan bentuk kerah V-neck. Garis potongan empire di bawah dada akan mengalihkan perhatian dari bagian torso.

Untuk bawahannya, kamu bisa mengenakan celana berpotongan lurus. Jangan memilih celana panjang atau jeans yang penuh detil karena akan membuat Anda makin terlihat “penuh”. Pilihlah celana dengan potongan sederhana yang berbentuk slim atau boot cut. Atau kamu bisa mengenakan rok lipat. Hindari rok pensil karena akan membuat tubuh bagian tengah dan bawah terlihat besar.

Bentuk Pir

Tubuh dengan bentuk pir memiliki ciri khas lebih besar di bagian bawah, terutama pinggul dan bokong. Untuk mengatasinya, kenakan pakaian wanita yang berwarna lebih cerah daripada bagian bawah. Hindari atasan berwarna gelap karena memberi kesan tubuh bagian bawah makin besar. Anda bisa memilih atasan dengan potongan bahu yang tegas misalnya jaket. Dan juga pilih bahan yang sedikit tebal dan kaku. Sebaiknya kenakan jaket sepanjang pinggang atau kenakan jaket sepanjang lutut, untuk menutupinya.

Untuk bawahannya, pilihlah rok yang mengecil dibagian bawah dan yang berwarna gelap. Hal itu bisa menutupi tubuh bagian bawah. Hindari rok ruffle yang melebar dibagian bawah. Dan pilihlah celana panjang atau jeans yang berwarna gelap. Lalu untuk potongan pilihlah yang melebar di bagian bawah atau lebih dikenal dengan “boot cut”

Bentuk Penggaris / Lurus

Bagi yang berbentuk badan lurus, memerlukan pakaian wanita yang bisa membuat tubuh terlihat lebih berisi dan berbentuk. Kenakan baju dengan detail di beberapa bagian, misalnya frill, kerut, pita, dan sebagainya. Jangan mengenakan pakaian wanita berbahan ringan dan jatuh karena akan membuat tubuh terlihat makin ‘tipis’.

Bila mengenakan gaun, pilih yang berpotongan rok mengembang atau A-line. Kamu bisa mengenakan pakaian wanita yang memberi kesan bervolume. Seperti bentuk lengan gembung, draperi, dan sebagainya. Kenakan ikat pinggang besar sebagai aksen.

Bentuk Jam Pasir

Bentuk tubuh jam pasir bisa dikatakan ideal. Bagian tubuh yang mengecil di pinggang bisa Anda jadikan aset untuk tampil seksi. Kenakan gaun dengan rok berpotongan A-line untuk memusatkan perhatian pada pinggang yang langsing. Mengenakan rok pensil sangat cocok dengan siluet bentuk tubuh jam pasir dan akan tampil lebih seksi.

Kamu juga bisa memilih model celana high waist jika perut menonjol, dan low waist jika perut agak rata dan ingin menonjolkan pinggang. Jeans model boot cut atau berpipa lurus juga bisa Anda gunakan.